you're reading...
Pengadaan Barang/Jasa

Pemerintah Ajukan RUU Pengadaan Barang dan Jasa

Pemerintah dalam hal ini Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) dalam waktu dekat akan mengajukan Rancangan Undang-undang (RUU) Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) ke DPR RI. Dalam draf RUU ini akan diatur lengkap mengenai PBJ yang selama ini PBJ masih diatur dalam Perpres 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Kepala LKPP Agus Rahardjo dalam diskusi “Urgensi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah” di Bogor, Sabtu (30/10/2010), mengatakan banyak hal yang melatarbelakangi pihaknya mengajukan draf RUU PBJ ini.
“Diantaranya seringnya terjadi berbagai banyak penyimpangan baik dari kualitas barang yang tidak sesuai maupun adanya unsur korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dalam proses pengadaan barang dan jasa,” kata Agus.
Dijelaskan peluang terjadinya KKN ini sudah dimulai sejak proses tender yang selama ini memakan waktu cukup lama, mulai dari pengumuman tender, tahap pra kualifikasi, pascakualifikasi, sampai dengan pengumuman pemenang tender, menjadi indikasi rendahnya penyerapan anggaran tersebut.
“Ini berdampak pada buruknya kualitas barang dan jasa yang dihasilkan sehingga tidak melayani kepentingan publik secara efektif dan efisien sehingga masyarakat dirugikan,” kata Agus.
“Ini termasuk sangat penting untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang bersih,” Agus menambahkan.
Penyimpangan yang terjadi akan memiskinkan masyarakat dan terjadi ketidakmerataan pembangunan akibat penyelewenangan keuangan negara diluar kepentingan rakyat. “Untuk swasta bisa berdampak pada iklim usaha yang tidak sehat,” kata Agus.
Selama ini dengan menggunakan Perpres 54, pelaku penyimpangan hanya dikenakan sanksi administrasi saja. Dengan RUU PBJ yang diajukan dan kelak diharapkan ditetapkan dalam bentuk UU maka pelaku penyimpangan bisa dijerat dengan hukuman maksimal termasuk kemungkinan hukuman mati.

“Kita ingin penerapan hukum yang konsisten sehingga kepercayaan terhadap pemerintah bertambah,” katanya.

Sumber : tribunnews

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Statistika Pengunjung

  • 133,412 Tamu
free counters
Online Users
IP


My blog is worth $564.54.
How much is your blog worth?

Masukkan alamat email Anda untuk mendapat update blog ini melalui email

Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya

Follow nherdiyanto's WebBlog on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: